Persiapan dan eksekusi travelling ke luar negeri

Hai peeps, seperti judul dari blog ini, gw mau ngebahas tentang gimana dan apa aja yang harus dipersiapkan supaya perjalanan solo travelling atau backpacker-an ke luar negeri itu bisa sukses membuat memori indah untuk kita kenang. Melihat trend saat ini dimana banyak banget anak-anak muda yang suka travelling, semoga tulisan gw ini bisa membantu yak.

Tentunya suksesnya perjalanan wisata kita itu adalah karena baiknya persiapan yang dilakukan dan juga saat melakukan eksekusinya. Persiapan minimal kalau mau ke luar negeri tu, udah punya paspor yak!

“By failing to prepare, you are preparing to fail.” 

― Benjamin Franklin

Begitulah kata Bapak Benjamin Franklin. Kalau gagal untuk merencanakan, maka kita merencanakan kegagalan. Jadi, point pertama yang bakal gw bahas adalah PERSIAPAN.

1. Persiapan
Banyak banget hal yang kudu dipersiapkan demi mewujudkan perjalanan yang menyenangkan ketika travelling ke luar negeri, seperti point-point berikut ini:

1.1 Visa

Visa beberapa negara

Sebagai WNI, dengan segala keterbatasan negara yg bisa dimasuki secara langsung tanpa visa, kudu banget ni merhatiin tentang kebutuhan visa di negara tempat tujuan kita. Karena jangan sampai visa belum dibuat atau belum jadi ketika kita udah kudu berangkat. Bisa bete karena telat atau kesel dan rugi karena gak jadi berangkat. kalau melansir dari blog ini https://blog.tiket.com/daftar-negara-bebas-visa/ ada 74 negara yang bisa bebas dimasuki oleh WNI tanpa pembuatan visa di kedutaan. Visa on arrival dan juga evisa.

Nah selain 74 negara tersebut, WNI harus wajib membuat visa ke kedutaan di negara tujuan kita tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah, persyaratan pembuatan visa untuk setiap negara itu berbeda-beda. Ada visa yang harus ngisi form pembuatan visa secara online dulu sebelum ke kedutaan, seperti visa US dan UK, ada yang gak perlu, visa China, Korea Selatan, Schengen (Poland), tapi form pengajuan visa-nya tersedia di website tiap-tiap embassy tersebut. Jenis visa pun juga ada berbagai macam, pastika jenis visa yang temen-temen pilih adalah yang terbaik. Ada juga yang tidak mewajibkan adanya booking tiket pesawat dan hotel, visa US dan UK. Karena berbeda-beda seperti itu, semisal temen-temen udah pernah membuat visa untuk suatu negara, pengalaman tersebut gak langsung sama 100% untuk visa dari negara lain. Cari info dulu sebelum melakukan pengajuan pembuatan visa ya.

Perhatikan juga jadwal pembuatan visa tersebut, jangan sampai mepet sama waktu keberangkatan temen-temen ya. Visa biasanya sudah dapat dibuat 3 bulan sebelum tanggal perjalanan dilakukan. Dan lamanya proses pembuatan visa itu juga berbeda-beda untuk setiap negara. Pengalaman gw waktu bikin beberapa visa itu seperti ini:

 - Visa Korea Selatan -> 4-5 hari kerja
 - Visa Schengen (Poland) -> 14 hari kerja
 - Visa China -> 4-5 hari kerja
 - Visa US -> 14 hari kerja
 - Visa UK -> 3 minggu hari kerja
 - Visa UAE -> 4 hari kerja (e-visa)

Dan waktu "hari kerja" itu juga tertambah kalau kita buat visanya mendekati hari libur negara tempat kita mengajukan dan tempat tujuan kita. Misalnya ngebuat visanya ketika mendekati libur lebaran, tentunya waktunya juga jadi lebih panjang.

Terus juga, pastikan masa berlaku paspor temen-temen itu minimal 6 bulan sebelum expired ya. karena sebagian negara itu mewajibkan masa berlaku minimal paspor adalah 6 bulan, meskipun ada juga yang memperbolehkan minimal 3 bulan. Tapi daripada bimbang, sebelum mendekati 6 bulan, lebih baik diperpanjang dulu ya.

1.2 Itinerary

Contoh itinerary

Rencana perjalanan (itinerary) itu pun sangat penting untuk dibuat, selain untuk pengajuan visa, juga jadi pegangan ketika saat eksekusi nanti. Gw sangat menyarankan buat temen-temen yang mau pergi ke suatu tempat baru, kita kudu riset dulu mengenai tempat tersebut. Gimana cara risetnya? Bisa dengan cara mempelajari peta-nya dari google maps, baca blog-blog traveller, dan juga kalau punya teman atau kenalan disana, bisa bertanya kepada mereka tentang situasi tempat tersebut.

Kalau pengalaman gw, gw biasanya pakai ketiga cara tersebut. Pertama, gw pasti ngeliat lokasi tujuan melalui google maps. Gw tandain dulu tempat-tempat yang mau gw kunjungi ketika disana. Pas awal-awal sih biasanya gw sangat idealis, alias banyak banget tempat yang mau gw kunjungi pada saat jalan-jalan nanti. Kemudian gw cari-cari bog atau vlog mengenai tempat tujuan gw itu, yang mana tempat yg recommended dan yang mana yg B aja. Nantinya pilihan-pilihan yang udah gw tandai bakal gugur satu per satu karena makin realistis ketika udah banyak info yang didapet. Apalagi kalau udah dapat dukungan info dari orang lokal.

Setelah mengetahui tujuan mana yang bakal kita kunjungi, ini udah realistis ya. Saatnya melakukan optimasi rute dan scheduling, hahaha science banget yak. Tapi emang itu sangat diperlukan supaya semua tujuan bisa didapatkan secara maksimal. Catat mengenai jenis kendaraan yang akan kita naiki dari satu titik ke titik tujuan lainnya, dan juga catat waktu tempuhnya. Kita juga harus memperhatikan mengenai kapan matahari terbit dan terbenam kala kita melakukan perjalanan. Karena ini bisa berpengaruh banget sama itinerary kita nanti, apalagi ketika jalan-jalan ke negara sub tropis, yang durasi siang dan malamnya berubah-ubah, gak konstan kayak di Indonesia. Jangan lupa itinerarynya untuk di print atau juga taruh di handphone, pokoknya dibuat serep nya, karena kita gak tau kan apa yg bisa terjadi ketika dilapangan nanti.

Kalau nanti ketika di perjalanan, gak ada rencana untuk rental wifi atau kemungkinan adanya internet itu terbatas, jangan lupa untuk mendownoad offline maps, untuk jaga-jaga biar gak tersesat.

1.3 Uang

Uang simpenan

Tentu aja gak cuma rute aja yg dipersiapkan, tapi persiapan uang ini juga salah satu yang essential yak. Jangan lupa untuk hitung estimasi pengeluaran yang akan dilakukan selama liburan, terutama untuk makan dan juga transportasi. Karena biaya makan dan transportasi di negara-negara maju biasanya cukup mahal. Untuk tau berapa estimasi biaya transportasi bisa di cek lewat google maps, karena sekarang udah ada tambahan estimasi harga transportasi kalau kita mnggunakan direction di google maps. Atau juga bisa dengan menggunakan website https://www.numbeo.com/cost-of-living/in/Dubai atau https://www.expatistan.com/cost-of-living/dubai dan banyak website lainnya yg punya informasi macam ini untuk berbagai negara.

Jangan lupa untuk menukarkan sejumlah uang sebelum berangkat ke tempat tujuan. Dan juga kalau punya kartu kredit/debit wajib banget untuk dibawa, untuk jaga-jaga. Oia, pastikan juga kartu debit/kredit card kita itu ada tandanya visa/master card (selain 2 ini masih ada beberapa lainnya sih, JCB, American Express dll, cuma kedua itu yg gampang ditemui dimana-mana). Bahkan kalau bisa, bawa saja uang cash yang tak begitu banyak, dan menggunakan kartu kredit/debit untuk pembelian yg cukup menguras isi dompet.

Penting juga untuk membawa uang cash emergency, jika terjadi hal yg tak dinginkan. Oia jangan lupa untuk membagi uang jadi 2/3 bagian, dan diletakkan di tempat-tempat yang berbeda. Jadi kalau ada yg hilang, gak hilang semunya, masih ada yang tersisa.

1.4 Tiket pesawat dan penginapan

Tiket pesawat

Salah satu tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah, lakukan pembelian dari jauh-jauh hari, minimal 3 bulan sebelumnya. Karena pasti akan jauh lebih murah daripada 1 bulan - 2 minggu sebelumnya. Oia, gunakan situs pencarian tiket yang bisa sekalian comparing dengan beberapa maskapai lainnya, sehingga kita bisa mendapatkan harga dan waktu perjalanan terbaik menurut kita. Kalau gw biasanya pakai skyscanner.com untuk cari jadwal dan harga penerbangan. Kalau kita spare waktu agak lama untuk beli tiket, misal 3 bulan sebelumnya, kita juga bisa punya cukup waktu untuk comparing harga tiket dengan situs-situs lainnya.

Untuk penginapan, ini tergantung budget dan preferensi masing-masing yak. Tapi kalau dengan budget terbatas kayak gw, air bnb tu salah satu pilihan terbaik, atau juga bisa cek melalui booking.com. Terkadang ada diskon-diskon tertentu yang diberikan oleh situs-situs tersebut kalau kita udah sering pakai aplikasi tersebut. Tips memilih tempat tinggal menurut gw tu:

 - deket sama stasiun, biar kalau kemana-mana deket
 - deket sama mini market atau supermarket.
 - kalau bisa cari yg private room, jadi gak keganggu sama orang lain.
 - yang penting harganya yg sesuai kantong lah.

gw pernah juga nginep di penginapan model dormitory, satu kamar diisi beberapa orang, yg jelas khusus cewek. Kurang nyaman menurut gw, karena ramean gitu, kalau mau bongkar koper gak enak sama yg lainnya gegara berisik gitu, gak enak sama yg lain.

1.5 Barang bawaan

Biasanya ni kalau pas lagi packing, rasanya seisi rumah pengen dibawa semua, penting aja gitu rasanya wkwk. Tapi itu sangat gak mungkin kan. Makanya perlu dipersiapkan dengan baik ni, baju, sepatu, obat-obatan, tas dll.

Untuk baju, persiapkan sesuai dengan tujuan dan itinerary kita. Kalau bisa bawa sedikit deterjen untuk mencuci baju dalem, baju yg ringan atau under wear lainnya, biar bisa dipakai berkali kali. Oia mending juga bawa baju jangan begitu banyak, kalau kurang atau butuh baju lagi, mending beli baju di tempat tujuan, lumayan buat oleh-oleh diri sendiri dan juga berguna. Pakai baju senyaman mungkin.

Jangan lupa bawa/pakai sepatu yang nyaman untuk jalan. Jangan pakai sepatu yg keliatan cantik dan bagus tapi gak nyaman sama sekali. Ini kalau tujuan utamanya jalan-jalan yaa, karena mostly kalau di luar negeri tu kemana-mana jalan kaki dan naik kendaraan umum. Ya beda lagi sih kalau banyak uang, kemana mana naik taksi hehe.

Vitamin!

Obat-obatan itu juga penting! wk ini semuanya penting ya temen-temen. Karena kita yang tau sendiri tentang keadaan tubuh kita, maka jangan lupa untuk sediakan obat-obatan yang biasanya kita pakai dan obat emergency lainnya. Kalau gw biasanya yg gak selalu ketinggalan gw bawa adalah obat maag, obat anti mabuk perjalanan, obat alergi, obat tenggorokan, VITAMIN! Vitamin tu penting banget untuk dibawa dan dikonsumsi setiap hari selama perjalanan nanti. Demi perjalanannya yang menyenangkan, sangat penting jaga kesehatan.

Jangan lupa kalau ada restriksi dari jumlah cairan yang bisa dibawa ke kabin ya temen-temen, yaitu cuma 100 ml. Jangan sampai bawa ke kabin lebih dari jumlah yg telah ditentukan, karena bisa - bisa disita dan berakhir di tempat sampah nanti cairannya. Hal ini berlaku untuk odol, sabun mandi, sampo, lotion, pokoknya yg gel dan cair. kalau memang mau bawa lebih dari 100 ml, lebih baik taruh di bagasi ya.

Bawa buku buat bacaan juga sangat membantu mengisi kekosongan waktu yang banyak, kalau sudah bosen sama film-film di pesawat, atau teman selama perjalanan. Untuk tas, selain bawa koper karena biar gampang diseret, dan juga backpack, gw kemarin sempat nyoba pakai waist bag yang thin dan super nyaman, kayak gak kerasa make itu ketika pas jalan-jalan. Dan yang gw taruh di waist bag itu adalah barang-barang super penting, kayak paspor, kredit card, uang dan hand phone.

1.6 Asuransi perjalanan

Ini hal yang suka terlupakan, asuransi perjalanan. Asuransi ini penting juga untuk dimiliki sebelum bepergian, untuk menjaga kita dari hal-hal yg tidak diinginkan, misalnya sakit dan kemudian harus masuk RS. Karena jika kita dirawat di RS luar negeri, harganya bakal jauuuuh berkali kali lipat dari Indonesia. 

1.7 Internet

Internet bisa dibeli atau dirental dari bandara sebelum kita berangkat naik pesawat. Biasanya ada rental wifi untuk dibawa ke luar negeri. Atau bisa juga mendaftarkan roaming internet untuk nomor hape kita biar bisa dipakai di luar negeri.

Atau kalau kayak pengalaman-pengalaman gw selama ini, gak pakai internet sewaan seperti itu pun no problem, asalkan semua sudah dipersiapkan sebelumnya. Offline map, semua informasi sudah di siapkan, jadi bisa gak begitu bergantung dengan internet. Internet biasanya tersedia di kafe-kafe atau restoran - restoran, jadi gak usah begitu khawatir.


nah, kalau semua persiapan sudah dilakukan dengan baik. Sekarang saatnya membahas tentang EKSEKUSI nya.

2. Eksekusi

2.1 Penerbangan

Sebelum hari H, jangan lupa untuk check in pesawat sehari sebelumnya, supaya hari H penerbangan tidak begitu terburu-buru, bisa pilih tempat duduk juga sesuai keinginan. Usahakan minimal 2 jam sebelum penerbangan, kita sudah berada di bandara, utnuk masukin bagasi, dan keperluan imigrasi. Karena biasanya dua kegiatan ini cukup banyak memakan waktu, apalagi ketika lagi peak season, banyak tourist bepergian, membuat antrean cukup panjang. 

Pakai pakaian dan sepatu yang nyaman untuk penerbangan ini, apalagi penerbangan yg memakan waktu sangat lama, hingga berbelas-belas jam. Kalau gw biasanya gw minumin antimo juga sebelum terbang, biar sepanjang perjalanan kebanyakan tidurnya dan gak pusing akibat turbulensi pesawat.


Makanan halal dari Emirates


Makanan halal dari Emirates

Oia untuk moslem dan beberapa agama lain serta alergi yg memiliki keterbatasan dalam makanan, jangan lupa untuk request makanan yg bisa kita makan ketika check in ya, biasanya maskapai yg non lcc memiliki beberapa jenis makanan untuk penumpangnya. Halal, kosher, hinduism, gluten free dll.

2.3 Istirahat yang cukup dan makan yang baik.

Pas jalan-jalan usahakan tetap stick to the plan, tapi juga kudu fleksibel. Kalau memang sudah terasa capek, jangan dipaksakan. Karena biasanya kondisi tubuh kita juga bisa kena efek dari perbedaan waktu yg cukup signifikan dan juga perbedaan cuaca yg cukup ekstrim dari negara asal kita.

Apalagi kalau berkunjung ke tempat yang dingin, jangan terlalu dipaksakan untuk berlama-lama di luar ruangan. Karena badan kita butuh penyesuaian, dari Indonesia yg suhunya 30 derajat an ke tempat yg bisa sampai minus. Istirahat yang cukup juga membantu menjaga tubuh kita supaya tetap fit saat berjalan-jalan.

Penting juga untuk menjaga asupakan makanan dalam tubuh, supaya gak sakit perut atau muncul sakit-sakit lainnya karena kurang makan atau terlalu banyak makan. Sarapan ketika jalan-jalan itu penting. karena ketika jalan-jalan itu membutuhkan energi yang lebih banyak dari kegiatan harian kita.


Ya, jadi begitulah persiapan dan eksekusi travelling ke luar negeri, baik sendirian atau berkelompok. Antisipasi itu lebih baik daripada mengobati, apalagi jauh dari negeri sendiri.

So teman-teman, semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya.


Cheers!

Comments

  1. Mantuul kakak, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  2. mantul qaqaaaaaaaa
    cie ciyeeh yg sudah berkelana kemana2...
    tulis lagi dong yg lebih detail tiap negaranya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shhhiiiiaaapp qaqaaaa... mau bikin cara ngurus visa dari jepang dulu hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts